life style

5 Hal Untuk Orang Yang Pertama Kali ke Jogja.

image

Kebetulan baru pulang dari Yogyakarta, jadi mau curhat dikit.

Gue itu baru pertama kali ke Yogyakarta. Tahukan orang yang pertama kali datang ke suatu tempat.. Clingak clinguk tengok kanan tengok kiri ada lalat hap lalu dimakan. Mangut-mangut terus ngomong “oh jadi ini ya jogja”.
Banyak hal yang gue gak tahu dari kota ini, tapi sepulang dari sana gue mengerti banyak hal.

Ini nih hal-hal penting buat orang yang baru pertama kali ke Jogja.

1. Nggak ada angkot

image

Gue juga baru ngeh setelah beberapa jam, disana ternyata gak ada angkot. Yang ada cuma becak, taksi, andong sama trans Yogyakarta. Jadi kalo mau jalan- jalan tinggal pilih salah satu kendaraan itu kalo nggak, ya kayak gue si pengirit sejati, jalan kaki.

2. Panas
Menurut gue yang orang Cianjur, jogja itu panas banget. Hampir sama kayak Jakarta cuma kalo Jakarta itu selain terik matahari, polusi udara juga bikin panas. Kalau di Jogja mataharinya aja yang bikin puaanaas banget. Apalagi pas tengah hari. Pokoknya siap-siap aja pake tabir surya (sun block) dan topi atau payung biar muka gak merah. Huu TT tapi pas itu gue gak bawa semuanya alhasil muka udah kayak digampar sama orang sekampung.

3. Harga barang

image

Ada beberapa tempat buat belanja kayak di depan keraton, malioboro, borobudur, pasar bringharjo dll. Tapi saran dari gue kalo mau belanja pernak-pernik, kaos, celana/ rok batik, tas, ataupun topi mending di Borobudur harganya jauh lebih murah. Contohnya gantungan kunci di Malioboro 2K, di Borobudur cuma 1K bahkan ada yang segepok 2K buat gantungan kunci bentuk candi. Tapi di Malioboro & pasar Bringharjo  barangnya lebih beragam sih kalo yang pinter nawar harganya bisa jauh lebih murah juga. Dan tips dari gue kalo nawar langsung paling murah aja, lebih dari setengahnya. Kayak harga 55k tawar 20k.

4. Nawar berarti beli
Ini pengalaman gue yang buruk. Gue dimarahin sama mba mba penjual topi. Habis gue udah nawar tapi gak jadi beli.. Soalnya gue nawarnya kurang murah jadi langsung dikasih padahal gue gak niat beli. Jadi buat kalian yang mau belanja pastiin dulu ya barangnya mau dibeli baru nawar. Itu juga kalo kalian gak mau kena semprot pedagang kayak gue huhu TT.

5. Tukang becak

image

Becarefull with the driver. Bukan dia jahat, tapi mereka menyebalkan. Nih ya waktu itu gue sama temen gue mau ke malioboro eh taunya dibawa ke sebuah toko pakaian yang muahaal banget. Bilangnya disini yang paling murah, nenek elu peang harga 80k disebut murah. Di pasar harganya bisa cuma 20K-an. Yang extrimnya temen gue malah dipaksa buat beli kalo gak beli gak mau ngaterin pulang. Gila. Ya terpaksa satu orang harus berkorban buat beli satu baju ( Kasian banget sama temen gue yang namanya Ali ). Waktu gue ceritain sama guru gue ternyata kalo lagi naik becak ditanya “oleh-oleh, baju ” jawab aja “boten ( tidak)” ato ngomong aja “Ora nganggo mampir-mampir”. Nah waktu itu gue jawab iya iya aja jadi disasarin ke tempat itulah. Setelah gue coba search di Google ternyata tukang becak itu kalo berhasil bikin pengunjung belanja di toko itu, mereka bakalan dapet komisi. Buat kalian pokoknya jangan sampai ketipu ya dengan tawaran mereka ke Malioboro. Kalo cuaca lagi bagus mending jalan kaki, waktu itu gue lagi hujan jadi terpaksa harus naik becak. Nih ya kalo kalian rombongan dari sekolah, bis pasti di parkir di halaman BI (bank indonesia). Dari sana tinggal nyebrang terus jalan ke perempatan belok kanan, nah jalan terus kurang lebih 5 menit pasti udah keliatan orang yang dagang.

Walaupun ada hal-hal yang gak enak, tapi tetep gue seneng banget jalan-jalan di Yogyakarta. Suasana tradisionalnya masih terasa disana. Jadi yang belum pernah ke Jogja yuk kesana, gue aja yang udah pengen pergi kesana lagi.

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s